Selasa, 19 Mei 2009

Pentingnya Berorganisasi Di Lingkungan Kampus

Tahun ajaran baru telah tiba, bayak mahasiswa baru yang sedang “happy” menikmati suasana baru berkuliah karena mereka dapat mengatur sendiri jadwal kapan mau ikut kuliah dan kapan mau “hangout” tanpa perlu takut-takut lagi.

Sejalan dengan keadaan tersebut, mereka juga akan banyak mendapat tawaran agar mau bergabung dengan salah satu organisasi yang ada. Namun, kebanyakan dari mereka pastilah menolak dan lebih beranggapan bahwa ikut berorganisasi hanya akan membuat IP (indeks prestasi) -nya menjadi jeblok

Ada 3 hal yang utama untuk dilakukan oleh seorang mahasiswa yaitu mencari nilai, mencari ilmu, dan mencari rekan. Untuk point pencarian rekan, peran organisasi dalam kasus ini sangat penting karena dengan bergabung di satu atau lebih organisasi maka akses yang dipunyai untuk berhubungan dengan orang lain akan bertambah. Dalam organisasi biasanya akan banyak kerjasama lintas kampus bahkan daerah, salah satu contohnya adalah studi banding dengan universitas lain.

Bila para mahasiswa baru masih juga menolak ikut berorganisasi dengan alasan IP takut jeblok sangatlah salah, tinggal bagaimana teman-teman bisa mengatur waktu dengan baik, bukankah mengatur waktu juga termasuk salah satu pembelajaran? Bila mengatur waktu saja masih serabutan, sudah pantaskah menyebut dirinya sebagai mahasiswa?

Bila teman-teman mahasiswa baru telah memutuskan untuk bergabung dengan salah satu organisasi yang berada di kampus, disini ada beberapa tips agar organisasi yang anda ikuti bermanfaat dan sesuai bagi teman-teman:

1. Lihat dahulu visi dan misi dari organisasi tersebut, hal ini dapat teman-teman tanyakan pada kakak-kakak pengurus

2. Cari tahu kegiatan-kegiatan apa sajakah yang sudah dilakukan dan apa saja kegiatan yang akan dilakukan organisasi tersebut. Bandingkan apakah kegiatan tersebut sudah sesuai dengan minat teman-teman, kemampuan, dan waktu luang yang tersedia ( time management ).

3. Posisi apa saja yang ada dalam organisasi tersebut, sesuaikan posisi yang teman-teman inginkan, lihat apakah posisi tersebut bisa teman-teman masuki atau tidak.

4. Setelah teman-teman bergabung lakukan segala aktivitas organisasi tersebut dengan sepenuh hati.

Selamat berorganisasi!

Oleh: IMMawati Mita_Kabid Kombat Pers Media IMM fe 2008/2009

Diterbitkan pada Buletin Kombat edisi september 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar